Sebuah Blog yang akan mengantar anda membuka jendela informasi,komunikasi,dan hiburan..
RSS

Jumat, 12 Maret 2010

Kegiatan Siswa di Sekolah

Praktik Cara Kerja Osmosis

Pagi itu jam pelajaran pertama adalah pelajaran biologi. Para siswa kelas XI IPA 1 berkumpul di laboratorium biologi guna mempraktikan cara kerja salah satu fungsi membran sel yaitu transportasi zat.

Transportasi zat melalui membran sel dibagi menjadi dua yaitu transport pasif dan aktif. Transpor pasif terdiri dari difusi,osmosis, dan difusi terbantu. Namun di sana kami hanya membuktikan perpindahan osmosis.

Seluruh siswa satu kelas terbagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok membawa beberapa buah kentang, selanjutnya kentang-kentang tersebut dipotong dan dibentuk silinder dengan ukuran panjang dan diameter yang sama. Kentang-kentang itu dimasukkan ke dalam 3 buah gelas ukur yang masing-masing berisi larutan gula,larutan garam juga dengan volume yang sama. Setelah itu dibiarkan selama beberapa menit. Kemudian kentang-kentang itu diambil dan diamati.

Hasilnya terjadi perubahan ukuran yang berbeda antara masing-masing potongan kentang yang dimasukkan ke dalam air,larutan gula, dan larutan garam.
Dari hasil percobaan tersebut membuktikan bahwa masing-amsing larutan memiliki tekanan osmotik yang berbeda. Jika kentang dimasukkan ke dalam larutan hipotonis (konsentrasi air tinggi,konsentrsi zat rendah) maka kentang akan mengembang, sebaliknya jika kentang dimasukkan ke dalam larutan hipertonis (konsentrasi air rendah, konsentrasi zat tinggi) maka kentang akan mengerut sehingga ukurannya berubah lebih kecil.

Terakhir para siswa bersama masing-masing kelompoknya membuat laporan sederhana dari hasil percobaan tersebut. Itu adalah salah satu kegiatan praktik kami di sekolah yang dilaksanakan pada setiap materi dengan memerlukan pembuktian secara langsung.

0 komentar: