Sebuah Blog yang akan mengantar anda membuka jendela informasi,komunikasi,dan hiburan..
RSS

Jumat, 12 Maret 2010

Pemanfaatan Sains dan Teknologi

Pemanfaatan Sains dan Teknologi di Sekolah

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi pun ikut berkembang dengan pesat. Teknologi memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan manusia. Semua pekerjaan diselesaikan dengan mudah dan cepat berkat adanya teknologi yang maju.

Hampir semua kegiatan dapat dibantu oleh teknologi yang maju. Salah satunya adalah untuk membantu proses pembelajaran dalam suatu lembaga pendidikan (sekolah). Dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam (sains) di sekolah saat ini sudah tersedia berbagai macam fasilitas yang dapat dimanfaatkan secara luas. Adanya alat-alat praktik di laboratorium yang mutakhir,kebun biologi untuk meletakkan berbagai tanaman hasil penelitian,hingga ruang khusus untuk penggunaan zat-zat kimia. Semuanya semakin menunjang para siswa dalam pembuatan karya ilmiah atau sekedar meneliti tentang ilmu pengetahuan alam.

Pada sebagaian sekolah yang memiliki popularitas dan kemampuan finansial yang tinggi Pembelajaran di dalam kelas pun tidak lagi menggunakan papan tulis dan kapur melainkan dengan menggunakan LCD Projector yang dinilai lebih cepat membantu proses penyampaian materi terhadap siswa. Murid tidak perlu lagi repot-repot membawa membawa buku terlalu banyak sekolah. Mereka hanya perlu membawa sebuah flash disk (media penyimpan data elektronik) untuk menyalin materi pelajaran yang telah dibuat oleh guru. Selanjutnya siswa bias mempelajari materi-materi yang tersimpan pada computer masing-masing.

Selain model pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi seperti di atas, ada lagi satu media pembelajaran yang sangat kompleks yaitu internet. Kemampuan internet sebagai media belajar online memberikan manfaat yang sangat banyak. Manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan internet pada dunia pendidikan adalah manfaat dari sisi finansial berupa berkurangnya biaya yang diperlukan untuk membeli buku dan perangkat lainnya.

Dengan belajar online sebagai kurikulum tambahan di sekolah maka siswa tidak harus selalu berada di sekolah untuk belajar langsung kepada gurunya. Mereka bias belajar kapanpun tanpa ada jarak yang dibatasi oleh lokal geografis. Inilah yang disebut sebagai e-education dan e-learning, yaitu proses pendidikan dan belajar melalui media elektronik (internet).

Dengan begitu besarnya informasi yang tersedia di internet memungkinkan para siswa dan siswi untuk memperkaya ilmu-ilmu pengetahuan melalui e-book,e-school,e-library, dan lain-lain. Internet juga bisa digunkan sebagai media kompetisi ilmu pengetahuan olimpiade online,tes bahasa online, lomba online, dan sebagainya. Jadi, kapan lagi kita harus memanfaatkan teknologi ini jika ingin pendidikan kita lebih maju.




0 komentar: